Selasa, 02 September 2008

Robohnya Masjid Kami

Sudah hampir lima hari warga, RT 01 RW 07, Teluk Mata Ikan, Kecamatan Nongsa, Batam tak lagi mendengar suara azan. Masjid yang selama ini menjadi tempat warga salat sudah ambruk.Bagaimana kondisi masjid yang dibangun sekitar tahun 1960 itu?

Belasan warga Teluk Mata Ikan, Minggu (10/1), mulai membersihkan masjid yang roboh Selasa (5/1) malam sekitar pukul 21.45 WIB. Sudah tiga hari, dimulai dari pagi warga bergotong royong untuk membersihkan puing-puing bangunan yang hancur.

Dengan menggunakan satu cobelco dan satu truk, bantuan dari pengusaha tambang pasir, kini lahan bekas masjid seluas 12X 13 meter itu terlihat bersih. Bekas bangunan yang hancur mulai dipinggirkan di dekat kolam bekas galian pasir yang berjarak 10 meter dari pondasi masjid.

Warga sedang sibuk memanfaatkan kayu yang masih bagus untuk mendirikan masjid sementara. Saat ini baru tiang-tiang bangunan saja berdiri tegak. Tarpal warna oren dan biru digunakan sebagai atap tempat salat sementara. Tak ada lagi alat- alat seperti mikropon, ampli, tape, dan lukisan. Empat kotak impaq pun sudah hancur. Tinggal satu kotak yang masih utuh sebagai peninggalan. Lantai dasar masjid yang dilapisi keramik warna putih itu sudah retak.

Menurut Usman, warga yang rumahnya berada di samping masjid, saat ini akan mendirikan masjid darurat beratapkan seng. Sejak masjid roboh, warga salat di rumah masing-masing. Tetapi ada juga yang salat berjamaah," ujar Usman, warga tempatan.

Dijelaskan, masjid Al Muttaqin pada awalnya didirikan sekitar tahun 1960 oleh salah satu anggota TNI-Angkatan Laut yang bertugas menjaga kawasan Teluk Mata Ikan dikala itu.

Adalah Sersan Saragih yang beragama Nasrani mendirikan masjid tersebut. Sebab, menurut penuturannya, Sersan Saragih kasihan dengan warga Teluk Mata Ikan yang dulunya tak memiliki masjid.

"Dulu zaman konfrontasi dengan Malaysia. Banyak tentara yang tinggal di Mata Ikan. Sersan Saragih lah yang membangun masjid itu awalnya," ungkap Usman.

Seingat Usman, masjis Almuttaqin, sejak dibangun tahun 1960 sudah tiga kali mengalami perubahan. Dan renovasi terkahir kali dua tahun yang lalu.
Masjid tersebut menjadi tempat ibadah sebanyak 500 KK di Teluk Mata Ikan. Sehari- harinya digunakan untuk salat berjamaah dan kegiatan dagwah. Salat Idul Fitri juga di sana.

Dari perkiraannya, pondasi dasar masjid Al Muttaqin tak kuat. Sehingga tak sanggup menahan beban beton dan kubah yang ada di atas. Tulang besi bangunan pun sangat kecil dibanding dengan beton gantung yang berada di atas tiang penyangga.
Apalagi masjid tersebut tak memiliki tiang penahan yang berada di tengah.

''Robohnya masjid ini, Saya kira bukan faktor galian pasir. Tetapi struktur bangunananya tak kuat menahan beban yang begitu berat," ugkap Usman yang diamini warga lainnya.

Dia memang tak mengelak, jika aksi penambangan pasir yang berada di samping masjid juga turut andil memicu bangunan tersebut rontok. Sehingga, warga tak lagi menggunakan tanah masjid yang roboh untuk membangun masjid permanen.

Diungkapkan, sebelum masjid tua itu roboh, sekitar pukul 21.OO WIB, keponakannya Ismail, masih sempat menunaikan salat Isya. Tak lama dia keluar dari masjid, bangunanya masjid hancur.

"Saya tak menyangka sama sekali jika bangunan masjid hancur. Untung saya udah di rumah, saat bangunan hancur," ujar Ismail.

Saat salat, Ismail pun tak memiliki firasat apapun. "Mungkin, Tuhan masih memberikan saya umur panjang," katanya bersyukur terhindar dari musibah.

Memang dari, penuturan Ismail, sebelum masjid itu roboh, Siti Mariam, istri anggota DPRD Kota Batam Raja Gani bermimpi banyak orang membuat papan untuk menyangga mayat di dalam kubur. Namun, Siti tak pernah bercerita ke warga jika dia pernah bermimpi. Sedangkan warga lainnya bermimpi banyak anak-anak kecil menangis dan minta tolong di dekat masjid.

"Namun warga tak menyadari semuanya. Itukan hanya mimpi,'' ujar Ismail.

Setelah warga mendapatkan mimpi itu, besoknya, masjid tersebut roboh. Setelah itu, baru warga mulai bercerita dengan mimpi-mimpi aneh. Bahkan, malam Jumat kemarin, warga melakukan doa selamat di masjid yang sudah roboh.

Dari pengakuan salah satu imam masjid, Herlambang, warga tetap melaksanakan salat berjamaah walaupun jumlahnya berkurang. Untuk salah Jumat warga untuk pertama kali salah masjid tanpa atap. "Kita beratapkan langit dan beralaskan tikar," ungkapnya.

Tatkala badai Tsunami meluluhlantakkan Aceh 24 Desember 2004, ribuan bangunan hancur. Tetapi tidak untuk Masjid Baiturrahman. Masjid Raya Aceh itu tetap utuh. Sedangkan di Batam, Masjid Al-Muttaqin, di Nongsa malah ambruk tanpa diterjang badai. Mungkinkah akibat penambangan pasir? Atau peringatan bagi masyarakat Teluk Mata Ikan?

Untuk sampai di Teluk Mata Ikan, Kecamatan Nongsa tak lah sulit. Waktu yang dibutuhkan 30 menit dari Batam Centre untuk sampai di desa yang diwarnai tiupan angin laut itu.

Pekerjaan penduduk ada yang menjadi nelayan, pegawai negeri sampai bekerja di tambang pasir yang berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Bangunan rumah penduduk rata-rata beton. Ada juga yang berada di pinggir laut. Baru saja sampai di desa yang berada di pinggir laut, lubang besar bekas galian pasir jelas terlihat. Ratusan karung pasir darat tersusun di pinggir jalan.
Jalan aspal pun banyak dihiasi dengan pasir yang bewarna agak hitam.

Genangan air pun tak dapat dihindari yang bisa menyebabkan suburnya perkembangan bintik nyamuk penyakit malaria. Tetapi, dari pantauan Batam Pos, beberapa kubangan bekas galian pasir tersebut ada yang dalam proses penimbunan dengan tanah.

Usman, salah satu warga di Teluk Mata Ikan mengatakan, proses penambangan pasir di Nongsa ini dilakukan oleh orang lokal sendiri yakni Tarmizi dan Zambri atau Lampek.Bagi masyarakat setempat, adanya penambangan pasir bisa memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi, saat ini nelayan tak bisa melaut. Sehingga banyak pemuda memilih bekerja di tambang pasir.


Di dekat masjid, hanya berjarak 10 meter terdapat kubangan sebesar lapangan voli. "Disaat dilakukan penambangan, memang lokasi bangunan dekat masjid bergetar," ujarnya. Bahkan ada rumah penduduk yang berjarak hanya beberapa meter dekat lobang pasir.

Potensi pasir darat di Teluk Mata Ikan diakui Usman memiliki kualitas terbaik yang ada di Batam. Banyak pengusaha membeli pasir dari Teluk Mata Ikan. "Karena kualitas pasir bagus, proses penambangan pasir tetap berlangsung sampai sekarang," ujar Usman.

Namun dibalik itu semua, teka-teki pun mulai bermunculan disaat masjid Al Muttaqin amruk. Ada yang mengatakan karena disebabkan proses penambangan pasir. Dan ada juga yang mengatakan akibat kontruksi bangunan yang salah. Bahkan sebagai peringatan dari Allah Azza Wajalla dengan kondisi lingkungan Teluk Mata Ikan yang sudah rusak akibat penambangan pasir.

Dari penuturan warga, saat khutbah Jumat yang lalu, kebanyakkan khatib menyinggung robohnya masjid di Nongsa.
" Memang banyak ustad yang meminta warga untuk introspeksi diri. Termasuk pemimpin di daerah Teluk Mata Ikan.Sebab, tanpa angin tanpa hujan, masjid ambruk," ujar Raja Abdul Gani yang juga Ketua RW 07 Teluk Mata Ikan, kepada Batam Pos, Senin (11/1) di kantor DPRD Batam.

Menurutnya, ustad-ustad mengatakan, apa ini petanda yang kurang baik bagi lingkungan Teluk Mata Ikan.
"Kalau saya sendiri berpendapat, masjid tersebut roboh karena kontruksi yang salah, bukan karena faktor penambangan pasir,
" imbuh Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam dari Fraksi Golkar ini. Untung saja, ungkapnya, pada Selasa (5/2) malam, tidak ada korban jiwa.Sehingga prosesnya tak panjang.

Yang membuat Gani sedih dalam pristiwa tersebut, saat melakukan pembangunan masjid, banyak sumbangan dari pengusaha di sekitar Nongsa. Seolah-olah, bantuan mereka (pengusaha, red) tidak berarti dan tak ada bukti lagi karena masjid sudah roboh.

Kali ini, lanjut Gani, warga akan membangun kembali masjid baru di samping masjid lama dari tanah pemberian Usman seluas 15x20 meter per segi. Warga mulai bergotong royong membersihkan lahan.

"Untuk biaya pembangunan diperkirakan menelan dana Rp200 juta. Dan proses pengerjaan masjid memakan waktu enam bulan," ungkapnya. Masalah dana, sebut Gani, pihak panitia akan berupaya dengan maksimal dari berbagai cara seperti sumbangan dari masyarakat.

"Sampai dengan Senin(11/1), Departemen Agama Kota Batam juga sudah memberikan bantuan. Mudah-mudahan nanti, ada pihak yang percaya untuk tempat berhutang untuk membangun masdji," jelas Gani.


Pengalaman robohnya masjid ini, jelasnya, pembangunan masjid yang baru nanti harus menggunakan sistem kontruksi yang baik dan tidak asal jadi.

"Kejadian ini memang pengalaman buat kita semua.Sehingga ke depannya agar lebih hati-hati," kata Gani. Kemungkinan besar, ungkap Gani, dirinya sendiri ditunjuk menjadi ketua pembangunan masjid.

Sedangkan menurut Herlambang, salah satu imam masjid Al Muttaqin, untuk mendapatkan dana pembangunanya masjid nanti, warga diminta pandai-pandai saja. "Mudah-mudahan Pak RW bisa mengatasinya," ujar Herlambang.(Robby Patria)

18 komentar:

Unknown mengatakan...

murhan,23 tahun,gol darah B+,saya sudah cek darah&rhesus di Rs bersih dari narkoba&alkohol,saya donor ginjal bagi yg serius bisa hubungi saya 082164003271,Siap di pnggil luar kota&luar negri,trmksi

Dr.elvis mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) seorang Phrenologist di rumah sakit kami i khusus dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Email Kontak: doctorelviswhyte@gmail.com

Unknown mengatakan...

saya mau jual ginjal saya, golongan saya O. imail saya dedy150204@gmail.com tlp saya 089501575805. saya serius mau jual ginjal saya.

Anonim mengatakan...

Saya Nathalia dari Spanyol saya hanya ingin menggunakan media ini untuk menghargai spesialis organ Bhavin rumah sakit india yang membeli salah satu ginjal saya sebagai akibat dari kesulitan keuangan saya kemudian saya seorang ibu dari 3 anak-anak teman saya mrs rita memberi saya untuk menghubungi rumah sakit ini di India bahwa mereka pembeli asli dari ginjal melalui email mereka: Dr.lucienpye.clinic@gmail.com dengan baik untuk korslet kesaksian saya mereka membeli ginjal saya dan membayar saya $ 150,000usd dan sekarang saya seorang wanita bisnis kaya dan saya anak-anak hidup bahagia baik dan kami memiliki cukup untuk hidup alhamdulillah saya menjual ginjal saya ke rumah sakit Bhavin, di sini adalah nomor saya untuk manfaat dari keraguan 393746202 dan saya menyarankan kepada donor yang tertarik tidak harus menjual ginjal mereka ke rumah sakit unexperienced salam Mrs Nathalia dari Spanyol

Unknown mengatakan...

Selamatkan kehidupan hari ini, donor ginjal sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hadiah 500.000USD yang tampan, donor yang berminat harus menghubungi Dr. tim akash di dubai segera untuk lebih jelasnya melalui alzahraonline@outlook.com

marcus jefferson mengatakan...

Halo,
Saya adalah Dr Alex dengan nama nefrologi, saya adalah seorang dokter di rumah sakit pengajaran UBTH, kami mengkhususkan diri dalam transplantasi ginjal,
Apakah Anda sehat dan mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda, inilah kesempatan kita membeli berbagai jenis tubuh, seperti ginjal, kita membeli satu ginjal dengan jumlah maksimum 600.000,00 $, jadi jika Anda tertarik untuk menjual produk Anda ,
Tolong jangan ragu email kami, dralexspeciallist@gmail.com
Terima kasih untuk kerjasamanya
salam:
Dr Alex

Anonim mengatakan...


wow saya maria mawar dari indonesia hanya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih kepada dokter wayne karena telah membeli ginjal saya di rumah sakit saya, saya dibayar $ 140.000, saya adalah kesaksian yang hidup, terima kasih telah mengeluarkan saya dari hutang keuangan untuk menghubungi dia melalui email doctorwaynecurl@outlook.com Jika Anda serius menjual ginjal Anda

Dr Danie Ben mengatakan...

Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu
mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang
keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami
hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah
Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian
dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai.
Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan
hubungi kami via email

Email: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
Nomor Whatsapp: +2349028230916.

Salam Hormat.
Dr Daniel.

Dr Danie Ben mengatakan...

Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Kamu adalah
mencari kesempatan untuk menjual bayimu demi uang karena itu
rincian ekonomi dan tidak tahu harus berbuat apa, silahkan hubungi kami
hari ini dan kami akan menawarkan jumlah ginjal yang baik. Nama saya adalah
Dokter Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kami
Klinik ini spesialis dalam operasi ginjal dan kami juga berhubungan dengan pembelian tersebut
dan transplantasi ginjal, tinggal donor yang tepat.
Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda
tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk
hubungi kami melalui email

E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
Nomor Whatsapp: +2349028230916
Hormat kami
Dr. Daniel.

Anonim mengatakan...



Apakah Anda memerlukan pinjaman mulai dari $ 10.000 sampai US $ 100.000 USD untuk melakukan bisnis selama periode natal ini? maka khawatir tidak ada lagi ect bank memberi saya pinjaman untuk bisnis saya meledak dan saya bersyukur kepada mereka tertarik orang asli harus menghubungi mereka melalui ectbancing@hotmail.com atau mengunjungi situs web mereka keberuntungan

Anonim mengatakan...

Halo semuanya, Karen Health Center sangat membutuhkan

donor ginjal dengan jumlah yang diberikan sebesar $ 300.000,00

Kami berlokasi di Amerika Serikat, India dan Kenya.

Tertarik harus berbaik hati
 
hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Email: kerehealthcenter@gmail.com
Hubungi: +1 631 443 4740

drhanandex mengatakan...

Selamat siang semuanya,
Jual ginjal. Menyelamatkan nyawa dan menghasilkan uang, Am dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan hidup? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar utang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga $ 600.000 ke atas. Semua donatur yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: hanandexspecialist@gmail.com Atau aplikasi apa +2348131644141 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda senang berbisnis dengan kami.
apa nomor aplikasi: +2349038373723
Email: hanandexspecialist@gmail.com

Salam

Dr.elvis mengatakan...

Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? atau Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena kehancuran keuangan dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan Anda jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya (Dokter Elvis Whyte) adalah seorang Phrenologist di rumah sakit kami, saya mengkhususkan diri dalam Bedah Ginjal dan kami juga berurusan dengan pembelian dan transplantasi ginjal dengan hidup donor yang sesuai. Hubungi Email: doctorelviswhyte@gmail.com atau whatsapp us +2347083629144 untuk informasi lebih lanjut

Dr. Smith mengatakan...

We are urgently in need of kidney donors in Apollo Hospital India for the sum of $800,000.00 USD (6.80Crores). For more details contact us via the below Email.
E-mail: apollo.hospital101@gmail.com
Mobile Number: +917338349363
Whats-app: +917338349363

Doctor david mike mengatakan...

Esto es para informar al público en general Masculino o Femenino que está sano y 100% serio en la compra o venta de riñones. Debe comunicarse urgentemente con Nathan Kidney HOSPITAL DE TRASPLANTES. Como tenemos muchos pacientes que están aquí para un trasplante de riñón, ¿está buscando una oportunidad para vender uno de sus riñones por dinero debido a una crisis financiera y le ofreceremos $ 500,000.00 USD por su riñón? Mi nombre es Doctor David Mike, soy Nefrología en Nathan Kidney HOSPITAL DE TRASPLANTES. Nuestro hospital está especializado en cirugía / trasplante de riñón y otros tratamientos de órganos, también nos ocupamos de la compra y el trasplante de riñones con un donante vivo y saludable. Estamos ubicados en India. Nigeria, Emiratos Árabes Unidos, EE. UU. Y todas las partes del país. Si está interesado en comprar o vender riñones, no dude en contactarnos por correo electrónico:
doctordavidmike@gmail.com
Nota: en Internet hay muchas personas con motivos diferentes, así que, por favor, sean sinceros y sinceros, no somos niños, se trata de salvar vidas de otros. No se acepta el fraude por favor. Atentamente

Miss lummom mengatakan...

Dokter Collins

Halo setiap tubuh namaku Tina warga negara Thia. Saya di sini untuk mempublikasikan kepada dunia bagaimana saya menjadi kaya setelah menjual ginjal saya kepada seorang dokter Collins, kami bertemu di internet dan bernegosiasi untuk membeli salah satu ginjal saya dan saya menerima sumbangan salah satu ginjal saya untuk uang yang membawanya membeli salah satu ginjal saya seharga 800.000 dolar dan bahkan membayar saya setengah dari jumlah ini sebelum operasi terjadi di sini di Nigeria dan sebelum India dan sisanya diberikan kepada saya uang tunai setelah operasi, sekarang saya berani mengatakan bahwa saya tidak akan pernah miskin lagi dalam hidup .
Nasihat Anda untuk menemuinya di doctorcollins3@gmail.com agar impian Anda datang sekali lagi, tulis dia melalui doctorcollins3@gmail.com atau WhatsApp melalui +254750078353.

Miss lummom mengatakan...

Dokter Collins

Halo setiap tubuh namaku Tina warga negara Thia. Saya di sini untuk mempublikasikan kepada dunia bagaimana saya menjadi kaya setelah menjual ginjal saya kepada seorang dokter Collins, kami bertemu di internet dan bernegosiasi untuk membeli salah satu ginjal saya dan saya menerima sumbangan salah satu ginjal saya untuk uang yang membawanya membeli salah satu ginjal saya seharga 800.000 dolar dan bahkan membayar saya setengah dari jumlah ini sebelum operasi terjadi di sini di Nigeria dan sebelum India dan sisanya diberikan kepada saya uang tunai setelah operasi, sekarang saya berani mengatakan bahwa saya tidak akan pernah miskin lagi dalam hidup .
Nasihat Anda untuk menemuinya di doctorcollins3@gmail.com agar impian Anda datang sekali lagi, tulis dia melalui doctorcollins3@gmail.com atau WhatsApp melalui +254750078353.

DOCTOR MARTEN mengatakan...

Adakah anda ingin membeli buah pinggang atau anda mahu menjual buah pinggang anda?
buah pinggang? Adakah awak
mencari peluang untuk menjual buah pinggang anda dengan wang
kerana kerosakan kewangan dan anda tidak tahu apa yang perlu dilakukan
lakukan, kemudian hubungi kami hari ini dan kami akan memberikan kebaikan
jumlah wang $ 400,000 dolar untuk Buah Pinggang anda. Nama saya DOCTOR MARTEN
saya seorang Nefrologi di MARTEN HOSPITAL. Hospital kami adalah
khusus dalam Pembedahan Ginjal dan kami juga menangani
pembelian dan pemindahan buah pinggang dengan wang sara hidup
penderma yang sepadan.
Kami terletak di India, Turki, Amerika Syarikat, Malaysia, Dubai
Sekiranya anda berminat menjual atau membeli buah pinggang, jangan
teragak-agak untuk menghubungi kami melalui e-mel.
E-mel: martenhospital@gmail.com

Selamat sejahtera

DR MARTEN