Senin, 12 Oktober 2020

Air Terjun di Tepi Laut hanya di Tarempa

Kebanyakan air terjun (waterfall) biasanya di tengah wilayah pergunungan. Misalnya air terjun di Malang. Di Malang, ada 27 air terjun. Salah satunya Coban Rondo yang tingginya 60 meter dari atas ke bawah. Dari Malang lumayan jauh baru ketemu air terjun ini.Tentunya kita harus masuk hutan dengan jalan yang berliku.

Di Tarempa Kabupaten Anambas air terjun unik. Langsung mengalir ke laut. Tidak lagi melakukan sungai. Air terjun, batu dan pinggir laut. Dari atas kita bisa berfoto dengan latar belakang laut. Sedangkan dari jalan raya dengan latar belakang air terjun yang jatuh di antara bebatuan keras.
Selain berada di pinggir laut, air terjun di Tarempa ini mudah dijangkau. Tak perlu naik ke gunung atau berjalan jauh. Dengan menggunakan sepeda motor kita mudah menjumpai karena berada di tepi jalan lingkar yang mengelilingi Pulau Tarempa.



Di depan lokasi air terjun, Pemda Anambas membangun lokasi pondok pondok untuk santai menikmati air terjun dari bawah. Diapit dengan hutan bakau. Inilah ciri khas air terjun Tarempa. Berada di pinggir laut, kemudian kita bisa menyaksikan mangrove dan suasana pantai.
Tentu pemandangan ini berbeda dengan lokasi air terjun di wilayah Sumatera dan Jawa yang kebanyakan air terjun berada di tengah hutan lebat. Air terjun Anambas tetap mengalir deras karena berasal dari kawasan pergunungan.
Selain objek wisata Pulau Bawah yang begitu mewah, air terjun Tarempa menjadi objek lokasi wisata yang bakal menarik untuk dikunjungi. Lokasi ini menjadi kawasan wajib disinggahi jika berada di Tarempa.*

Tidak ada komentar: