Jumat, 01 Juni 2012

Konflik

Kehidupan sebelum diciptakan manusia berlangsung damai. Konflik dimulai ketika Allah meminta iblis sujud kepada Adam yang diciptakan dari tanah. Di situlah mulai terjadi konflik hingga dunia kiamat nanti. Janji iblis kepada Allah, sampai dunia kiamat, mereka akan merusak iman manusia hingga terjerumus ke lembah hitam. Penuh dengan dosa.

Di Wikipedia menyebutkan, konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.


Tak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut di antaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Robbin (1996: 431) mengatakan, konflik dalam organisasi disebut sebagai The Conflict Paradoks, yaitu pandangan bahwa di sisi konflik dianggap dapat meningkatkan kinerja kelompok, tetapi di sisi lain kebanyakan kelompok dan organisasi berusaha untuk meminimalisasikan konflik.

Bagaimana kita menyaksikan banyak konflik di Tanah Air yang marak saat ini. Mulai dari batalnya konser Lady Gaga hingga dilarangnya pemikir reformis Islam asal Kanada Irshad Manji membedah bukunya Allah, Kebebasan dan Cinta di Indonesia.

Bahkan di lembaga pemerintahan, juga selalu dibayangi dengan konflik. Sosok Yusril Mahendra beberapa kali mempermalukan presiden karena Yusril mengalahkan pemerintah di pengadilan.

Konflik juga singgah di Tanjungpinang. Partai politik galau.Mulai dari menolak calon tertentu hingga ke proses pemecatan kader.

Hanya saja, konflik tidak selamanya berkonotasi buruk, tapi bisa menjadi sumber pengalaman positif (Stewart & Logan, 1993:342). Hal ini dimaksudkan bahwa konflik dapat menjadi sarana pembelajaran dalam memanajemen suatu kelompok atau organisasi. Konflik tidak selamanya membawa dampak buruk, tetapi juga memberikan pelajaran dan hikmah di balik adanya perseteruan pihak – pihak yang terkait. Pelajaran itu dapat berupa bagaimana cara menghindari konflik yang sama supaya tidak terulang kembali di masa yang akan datang dan bagaimana cara mengatasi konflik yang sama apabila sewaktu – waktu terjadi kembali.

Dan betul kata Taquiri dalam Newstorm dan Davis (1977), konflik merupakan warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan.







Tidak ada komentar: